Artikel
Berikut adalah artikel saya
Mengenai Saya
Pengikut
Rabu, 02 Juni 2010
IDENTIFIKASI ANAK AUTISTIK
Jika Anda melihat dan merasakan bahwa anak Anda memiliki perkembangan yang berbeda dibanding dengan anak-anak seusianya, maka anda harus lebih jeli melihatnya. Perhatikan secara lebih detail, kontinyu, bila perlu catat hal-hal yang dikira kurang proporsional. Datang ke dokter, psikolog (keduanya yang memfokuskan pada anak kebutuhan khusus, Autistik), terapis anak kebutuhan khusus (di center-center) atau diskusikan dengan tetangga, kerabat, teman atau orang yang berpengalaman dengan anak berkebutuhan khusus.
Bila Anda menduga anak Anda adalah anak autistik, Anda dapat menggunakan panduan untuk mengecek apa sebenarnya yang terjadi pada anak anda.
1. Checklist for Autism in Toddlers (CHAT),
2. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fourth Edition (DSM IV).
3. My Child’s Sensory Preference
Add.1. Checklist for Autism in Toddlers (CHAT)
The Checklist for Autism in Toddlers is a screening tool to be used by GP's during the 18 month developmental checkup.
Section A - Ask Parent: (Pertanyaan untuk orang tua)
Yes or No?
____ 1) Does your child enjoy being swung, bounced on your knee, etc?
(Apakah anak anda senang diayun, digoyang-goyang di atas lutut ?
____ 2) Does your child take an interest in other children?
(Apakah anak anda tertarik pada anak lainnya ?)
____ 3) Does your child like climbing on things, such as up stairs?
(Apakah anak anda suka manjat-manjat pada benda misalnya tangga ?)
____ 4) Does your child enjoy playing peek-a-boo/hide-and-seek?
(Apakah anak anda suka main ciluk ba atau petak umpet ?)
____ *5) Does your child ever pretend, for example, to make a cup of tea using a toy cup and teapot, or pretend other things?
(Apakah anak anda pernah bermain pura-pura misalnya membuat secangkir teh menggunakan mainan berbentuk cangkir dan teko, atau permainan lain ?)
____ 6) Does your child ever use his/her index finger to point, to ask for something?
(Apakah anak anda pernah menggunakan jarinya untuk menunjuk dengan tujuan meminta sesuatu ?)
____ *7) Does your child ever use his/her index finger to point, to indicate interest in something?
(Apakah anak anda pernah menggunakan jari untuk menunjuk yang mengindikasikan ketertarikan pada sesuatu ?)
____ 8) Can your child play properly with small toys (e.g. cars or bricks) without just mouthing, fiddling, or dropping them?
(Dapatkah anak anda bermain dengan mainan yang kecil (misalnya mobil mainan atau balok-balok) tanpa mengucapkan kata dibuat buat, menggesek, atau menjatuhkannya ?)
____ 9) Does your child ever bring objects over to you, to show you something?
(Apakah anak anda pernah memberikan suatu benda pada anda untuk menunjukkan sesuatu pada anda ?)
Section B - GP's observation (Pengamatan)
Yes or No?
____ i) During the appointment, has the child made eye contact with you?
(Selama pemeriksaan apakah anak menatap (kontak mata dengan) pemeriksa ?
____ *ii) Get child's attention, then point across the room at an interesting object and say "Oh look! There's a (name a toy)!" Watch child's face. Does the child look across to see what you are pointing at?
(Tarik perhatian anak, kemudian pemeriksa menunjuk sesuatu yang menarik dan katakan : "Lihat, itu. Ada mobil-mobilan (atau mainan lain)" Perhatikan mata anak, apakah anak melihat ke benda yang anda tunjuk.)
NOTE - to record yes on this item, ensure the child has not simply looked at your hand, but has actually looked at the object you are pointing at.
Catatan : untuk mencatat ya pada item ini, pastikan anak anda tidak melihat tangan anda, tetapi benar-benar melihat pada objek yang anda tunjuk.
____ *iii) Get the child's attention, then give child a miniature toy cup and teapot and say "Can you make a cup of tea?" Does the child pretend to pour out the tea, drink it etc?
(Tarik perhatian anak, berikan mainan gelas / cangkir dan teko dan katakan pada anak anda : "Bisa buat secangkir teh ? Apakah anak berpura-pura menuang teh, minum dan lainya).
NOTE - if you can elicit an example of pretending in some other game, score a yes on this item
Catatan : Jika anak dapat melakukan misalnya bermain pura-pura beberapa permainan, maka jawabanya ; Ya.
____ *iv) Say to the child "Where's the light?" or "Show me the light". Does the child point with his/her index finger at the light?
(Tanyakan pada anak : "Coba tunjuk mana cahaya ? (nama benda lain yang dikenal anak dan ada disekitar kita). Apakah anak menunjukkan dengan jarinya ?
NOTE - Repeat this with "Where's the teddy?" or some other unreachable object, if child does not understand the word "light". To record yes on this item, the child must have looked up at your face around the time of pointing.
Catatan : Ulangi lagi pertanyaan lainnya atau pada objek lain yang tak dapat dijangkau, jika anak tidak memahami “cahaya”. Catat Ya, jika anak melihat kearah wajah anda pada waktu anak menunjuk.
____ v) Can the child build a tower of bricks? (If so, how many?) (Number of bricks...)
(Dapatkah anak anda menyusun kubus / balok menjadi suatu menara ?(berapa jumlahnya….)
* Indicates critical question most indicative of autistic characteristics
British Journal of Psychiatry (1996), 168, pp. 158-163
British Journal of Psychiatry (1992), 161, pp. 839-843
Diterjemahkan oleh : Joko Yuwono
Add. 2. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fourth Edition (DSM IV):
DIAGNOSTIC CRITERIA FOR 299.00 AUTISTIC DISORDER
A. A total of six (or more) items from (1), (2), and (3), with at
least two from (1), and one each from (2) and (3)
(1) qualitative impairment in social interaction, as manifested by at least two of the following:
a) marked impairments in the use of multiple nonverbal behaviors such as eye-to-eye gaze, facial expression, body posture, and gestures to regulate social interaction
b) failure to develop peer relationships appropriate to developmental level
c) a lack of spontaneous seeking to share enjoyment, interests, or chievements with other people, (e.g., by a lack of showing, bringing, or pointing out objects of interest to other people)
d) lack of social or emotional reciprocity ( note: in the description, it gives the following as examples: not actively participating in simple social play or games, preferring solitary activities, or involving others in activities only as tools or "mechanical" aids )
(2) qualitative impairments in communication as manifested by at least one of the following:
a) delay in, or total lack of, the development of spoken language (not accompanied by an attempt to compensate through alternative modes of communication such as gesture or mime).
b) in individuals with adequate speech, marked impairment in the ability to initiate or sustain a conversation with others
c) stereotyped and repetitive use of language or idiosyncratic
language.
d) lack of varied, spontaneous make-believe play or social
imitative play appropriate to developmental level
(3) restricted repetitive and stereotyped patterns of behavior, interests and activities, as manifested by at least two of the following:
a) encompassing preoccupation with one or more stereotyped and restricted patterns of interest that is abnormal either in intensity or focus
b) apparently inflexible adherence to specific, nonfunctional routines or rituals
c) stereotyped and repetitive motor mannerisms (e.g hand or finger flapping or twisting, or complex whole body movements)
d) persistent preoccupation with parts of objects
B. Delays or abnormal functioning in at least one of the following areas, with onset prior to age 3 years:
(1) social interaction
(2) language as used in social communication
(3) symbolic or imaginative play
C. The disturbance is not better accounted for by Rett's Disorder or Childhood Disintegrative Disorder
Diambil dari : Autism Symtoms Checklist (Online)
Add. 3. SENSORY PREFERENCES.
Amati kecenderungan pilihan sensori anak Anda
1. GERAKAN (MOVEMENT)
● Anak saya kurang sensitive dan mencari kebutuhan gerak dengan :
□ Melompat
□ Bergoyang-goyang
□ Berputar
□ Permainan yang kacau dan kasar seperti melempar-lempar benda ke udara
□ Lari mondar-mandir
□ Lainnya....................
● Anak saya sangat sensitive terhadap gerakan.
□ Menunjukkan ketakutan pada tangga/eskalator
□ Menunjukkan ketakutan pada ayunan, barjalan terhuyung-huyung, dan meluncur (prosotan)
□ Gerakan mobil
□ Lainnya.............
● Anak saya kesulitan dalam perencanaan gerak.
□ Gerakan kaku atau menabrak-nabrak sesuatu.
□ Tidak menggunakan mainan secara tepat.
□ Menggunakan jenis mainan itu-itu saja.
□ Tidak meniru apa yang saya lakukan.
□ Ia hanya melakukan aktivitas hanya sekali saja.
□ Bergerak tanpa tujuan.
□ Berbaring tiduran
□ Memiliki masalah dalam meniup lilin.
□ Ia memahami saya tetapi tidak berbicara.
□ Ia memiliki masalah untuk menemukan kata yang ia telah katakan sebelumnya.
□ Ia salah dalam melafatlkan kata
□ Memiliki suara yang tidak umum
□ Lainnya....................
2. SENTUHAN (TOUCH)
● Anak saya kurang sensitif pada sentuhan dan mencarinya.
□ Ingin dipeluk lama
□ Menyembunyikan dirinya dalam selimut.
□ Menekan dirinya dalam tempat yang padat/sempit. (sembunyi dibalik dipan, lemari)
□ Memakai pakaian yang ketat/pas.
□ Barbaring dilantai.
□ Menabrak orang.
□ Bertepuk tangan.
□ Memegang benda.
□ Meletakkan benda ke mulut (”mengemut”).
□ Mengkertak giginya.
□ Jarang menangis ketika ia terluka.
□ Lainnya.....................
● Anak saya sangat sensitif pada sentuhan.
□ Ia tidak suka dengan sesuatu yang lengket di tangan (playdough, lumpur dan cat).
□ Ia suka atau tidak suka dengan tekstur baju tertentu.
□ Ia tidak suka memakai topi dan sarung tangan.
□ Ia tidak suka keramas dan potong rambut.
□ Ia tidak suka makanan kering dan kenyal.
□ Lainnya.....................
3. BUNYI (SOUND)
● Anak saya kurang sensitif pada suara.
□ Ia tidak datang/muncul untuk mendengarkan apa yang orang katakan.
□ Ia menyukai meusik dan bunyi-bunyi tertentu.
□ Ia menyuakai mainan yang membuat bunyi-bunyi tertentu.
□ Ia menyuakai sesuatu ketika saya mengatakan sesuatu dengan cara yang mengasyikkan.
□ Lainnya.....................
● Anak saya sangat sensitif pada bunyi dan menghidarinya.
□ Ia menutup telinganya.
□ Ia menangis ketika saya menggunakan alat-alat seperti vakum, mesin pencuci piring, pengering rambut dsb.
□ Ia menyukai sesuatu ketika saya menggunakan bunyi-bunyi yang lembut.
□ Ia dapat mendengar bunyi-bunyi yang pelan.
□ Lainnya.....................
4. PENGLIHATAN (SIGHT)
● Anak saya terlalu sensitif pada sesuatu yang ia lihat dan mencari sensasi visual dengan :
□ Menekan on of pada lampu.
□ Melihat gerakan secara berulang-ulang. (membola-balik halaman buku, buka tutup pintu, gerakan jari ke depan mukanya).
□ Sesuatu yang berlapis-lapis.
□ Melihat sesuatu dengan sudut pnadangan matanya.
□ Melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda.
□ Lainnya.....................
● Anak saya terlalu sensitif pada apa yang ia lihat dan menhindari beberapa sensasi visual.
□ Memilih kegelapan.
□ Ia sering mengkedip-kedipkan.
□ Menghindari matahari.
□ Lainnya.....................
5. BAU DAN RASA (SMELL AND TASTE)
● Anak saya kurang sensitif pada beberapa bau atau rasa dan mencari sensai tersebut.
□ Ia menjelajah sesuatu dengan menjilat atau mencium (membaunya).
□ Ia menyukai makanan yang banyak bumbunya. (sangat asin)
□ Lainnya.....................
● Anak saya terlalu sensitif pada beberapa bau atau rasa dan menhindari beberapa sensasi tersebut.
□ Ia menykai makanan yang telah dihaluskan (blander).
□ Ia sensitif pada bau tertentu (parfum).
□ Lainnya.....................
Catatan : diambil dari Fern Sussman, 1999. More than Words. Hanen Center Publication.
Diterjemahkan oleh Joko Yuwono. 22 April 2010
Bila Anda menduga anak Anda adalah anak autistik, Anda dapat menggunakan panduan untuk mengecek apa sebenarnya yang terjadi pada anak anda.
1. Checklist for Autism in Toddlers (CHAT),
2. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fourth Edition (DSM IV).
3. My Child’s Sensory Preference
Add.1. Checklist for Autism in Toddlers (CHAT)
The Checklist for Autism in Toddlers is a screening tool to be used by GP's during the 18 month developmental checkup.
Section A - Ask Parent: (Pertanyaan untuk orang tua)
Yes or No?
____ 1) Does your child enjoy being swung, bounced on your knee, etc?
(Apakah anak anda senang diayun, digoyang-goyang di atas lutut ?
____ 2) Does your child take an interest in other children?
(Apakah anak anda tertarik pada anak lainnya ?)
____ 3) Does your child like climbing on things, such as up stairs?
(Apakah anak anda suka manjat-manjat pada benda misalnya tangga ?)
____ 4) Does your child enjoy playing peek-a-boo/hide-and-seek?
(Apakah anak anda suka main ciluk ba atau petak umpet ?)
____ *5) Does your child ever pretend, for example, to make a cup of tea using a toy cup and teapot, or pretend other things?
(Apakah anak anda pernah bermain pura-pura misalnya membuat secangkir teh menggunakan mainan berbentuk cangkir dan teko, atau permainan lain ?)
____ 6) Does your child ever use his/her index finger to point, to ask for something?
(Apakah anak anda pernah menggunakan jarinya untuk menunjuk dengan tujuan meminta sesuatu ?)
____ *7) Does your child ever use his/her index finger to point, to indicate interest in something?
(Apakah anak anda pernah menggunakan jari untuk menunjuk yang mengindikasikan ketertarikan pada sesuatu ?)
____ 8) Can your child play properly with small toys (e.g. cars or bricks) without just mouthing, fiddling, or dropping them?
(Dapatkah anak anda bermain dengan mainan yang kecil (misalnya mobil mainan atau balok-balok) tanpa mengucapkan kata dibuat buat, menggesek, atau menjatuhkannya ?)
____ 9) Does your child ever bring objects over to you, to show you something?
(Apakah anak anda pernah memberikan suatu benda pada anda untuk menunjukkan sesuatu pada anda ?)
Section B - GP's observation (Pengamatan)
Yes or No?
____ i) During the appointment, has the child made eye contact with you?
(Selama pemeriksaan apakah anak menatap (kontak mata dengan) pemeriksa ?
____ *ii) Get child's attention, then point across the room at an interesting object and say "Oh look! There's a (name a toy)!" Watch child's face. Does the child look across to see what you are pointing at?
(Tarik perhatian anak, kemudian pemeriksa menunjuk sesuatu yang menarik dan katakan : "Lihat, itu. Ada mobil-mobilan (atau mainan lain)" Perhatikan mata anak, apakah anak melihat ke benda yang anda tunjuk.)
NOTE - to record yes on this item, ensure the child has not simply looked at your hand, but has actually looked at the object you are pointing at.
Catatan : untuk mencatat ya pada item ini, pastikan anak anda tidak melihat tangan anda, tetapi benar-benar melihat pada objek yang anda tunjuk.
____ *iii) Get the child's attention, then give child a miniature toy cup and teapot and say "Can you make a cup of tea?" Does the child pretend to pour out the tea, drink it etc?
(Tarik perhatian anak, berikan mainan gelas / cangkir dan teko dan katakan pada anak anda : "Bisa buat secangkir teh ? Apakah anak berpura-pura menuang teh, minum dan lainya).
NOTE - if you can elicit an example of pretending in some other game, score a yes on this item
Catatan : Jika anak dapat melakukan misalnya bermain pura-pura beberapa permainan, maka jawabanya ; Ya.
____ *iv) Say to the child "Where's the light?" or "Show me the light". Does the child point with his/her index finger at the light?
(Tanyakan pada anak : "Coba tunjuk mana cahaya ? (nama benda lain yang dikenal anak dan ada disekitar kita). Apakah anak menunjukkan dengan jarinya ?
NOTE - Repeat this with "Where's the teddy?" or some other unreachable object, if child does not understand the word "light". To record yes on this item, the child must have looked up at your face around the time of pointing.
Catatan : Ulangi lagi pertanyaan lainnya atau pada objek lain yang tak dapat dijangkau, jika anak tidak memahami “cahaya”. Catat Ya, jika anak melihat kearah wajah anda pada waktu anak menunjuk.
____ v) Can the child build a tower of bricks? (If so, how many?) (Number of bricks...)
(Dapatkah anak anda menyusun kubus / balok menjadi suatu menara ?(berapa jumlahnya….)
* Indicates critical question most indicative of autistic characteristics
British Journal of Psychiatry (1996), 168, pp. 158-163
British Journal of Psychiatry (1992), 161, pp. 839-843
Diterjemahkan oleh : Joko Yuwono
Add. 2. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fourth Edition (DSM IV):
DIAGNOSTIC CRITERIA FOR 299.00 AUTISTIC DISORDER
A. A total of six (or more) items from (1), (2), and (3), with at
least two from (1), and one each from (2) and (3)
(1) qualitative impairment in social interaction, as manifested by at least two of the following:
a) marked impairments in the use of multiple nonverbal behaviors such as eye-to-eye gaze, facial expression, body posture, and gestures to regulate social interaction
b) failure to develop peer relationships appropriate to developmental level
c) a lack of spontaneous seeking to share enjoyment, interests, or chievements with other people, (e.g., by a lack of showing, bringing, or pointing out objects of interest to other people)
d) lack of social or emotional reciprocity ( note: in the description, it gives the following as examples: not actively participating in simple social play or games, preferring solitary activities, or involving others in activities only as tools or "mechanical" aids )
(2) qualitative impairments in communication as manifested by at least one of the following:
a) delay in, or total lack of, the development of spoken language (not accompanied by an attempt to compensate through alternative modes of communication such as gesture or mime).
b) in individuals with adequate speech, marked impairment in the ability to initiate or sustain a conversation with others
c) stereotyped and repetitive use of language or idiosyncratic
language.
d) lack of varied, spontaneous make-believe play or social
imitative play appropriate to developmental level
(3) restricted repetitive and stereotyped patterns of behavior, interests and activities, as manifested by at least two of the following:
a) encompassing preoccupation with one or more stereotyped and restricted patterns of interest that is abnormal either in intensity or focus
b) apparently inflexible adherence to specific, nonfunctional routines or rituals
c) stereotyped and repetitive motor mannerisms (e.g hand or finger flapping or twisting, or complex whole body movements)
d) persistent preoccupation with parts of objects
B. Delays or abnormal functioning in at least one of the following areas, with onset prior to age 3 years:
(1) social interaction
(2) language as used in social communication
(3) symbolic or imaginative play
C. The disturbance is not better accounted for by Rett's Disorder or Childhood Disintegrative Disorder
Diambil dari : Autism Symtoms Checklist (Online)
Add. 3. SENSORY PREFERENCES.
Amati kecenderungan pilihan sensori anak Anda
1. GERAKAN (MOVEMENT)
● Anak saya kurang sensitive dan mencari kebutuhan gerak dengan :
□ Melompat
□ Bergoyang-goyang
□ Berputar
□ Permainan yang kacau dan kasar seperti melempar-lempar benda ke udara
□ Lari mondar-mandir
□ Lainnya....................
● Anak saya sangat sensitive terhadap gerakan.
□ Menunjukkan ketakutan pada tangga/eskalator
□ Menunjukkan ketakutan pada ayunan, barjalan terhuyung-huyung, dan meluncur (prosotan)
□ Gerakan mobil
□ Lainnya.............
● Anak saya kesulitan dalam perencanaan gerak.
□ Gerakan kaku atau menabrak-nabrak sesuatu.
□ Tidak menggunakan mainan secara tepat.
□ Menggunakan jenis mainan itu-itu saja.
□ Tidak meniru apa yang saya lakukan.
□ Ia hanya melakukan aktivitas hanya sekali saja.
□ Bergerak tanpa tujuan.
□ Berbaring tiduran
□ Memiliki masalah dalam meniup lilin.
□ Ia memahami saya tetapi tidak berbicara.
□ Ia memiliki masalah untuk menemukan kata yang ia telah katakan sebelumnya.
□ Ia salah dalam melafatlkan kata
□ Memiliki suara yang tidak umum
□ Lainnya....................
2. SENTUHAN (TOUCH)
● Anak saya kurang sensitif pada sentuhan dan mencarinya.
□ Ingin dipeluk lama
□ Menyembunyikan dirinya dalam selimut.
□ Menekan dirinya dalam tempat yang padat/sempit. (sembunyi dibalik dipan, lemari)
□ Memakai pakaian yang ketat/pas.
□ Barbaring dilantai.
□ Menabrak orang.
□ Bertepuk tangan.
□ Memegang benda.
□ Meletakkan benda ke mulut (”mengemut”).
□ Mengkertak giginya.
□ Jarang menangis ketika ia terluka.
□ Lainnya.....................
● Anak saya sangat sensitif pada sentuhan.
□ Ia tidak suka dengan sesuatu yang lengket di tangan (playdough, lumpur dan cat).
□ Ia suka atau tidak suka dengan tekstur baju tertentu.
□ Ia tidak suka memakai topi dan sarung tangan.
□ Ia tidak suka keramas dan potong rambut.
□ Ia tidak suka makanan kering dan kenyal.
□ Lainnya.....................
3. BUNYI (SOUND)
● Anak saya kurang sensitif pada suara.
□ Ia tidak datang/muncul untuk mendengarkan apa yang orang katakan.
□ Ia menyukai meusik dan bunyi-bunyi tertentu.
□ Ia menyuakai mainan yang membuat bunyi-bunyi tertentu.
□ Ia menyuakai sesuatu ketika saya mengatakan sesuatu dengan cara yang mengasyikkan.
□ Lainnya.....................
● Anak saya sangat sensitif pada bunyi dan menghidarinya.
□ Ia menutup telinganya.
□ Ia menangis ketika saya menggunakan alat-alat seperti vakum, mesin pencuci piring, pengering rambut dsb.
□ Ia menyukai sesuatu ketika saya menggunakan bunyi-bunyi yang lembut.
□ Ia dapat mendengar bunyi-bunyi yang pelan.
□ Lainnya.....................
4. PENGLIHATAN (SIGHT)
● Anak saya terlalu sensitif pada sesuatu yang ia lihat dan mencari sensasi visual dengan :
□ Menekan on of pada lampu.
□ Melihat gerakan secara berulang-ulang. (membola-balik halaman buku, buka tutup pintu, gerakan jari ke depan mukanya).
□ Sesuatu yang berlapis-lapis.
□ Melihat sesuatu dengan sudut pnadangan matanya.
□ Melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda.
□ Lainnya.....................
● Anak saya terlalu sensitif pada apa yang ia lihat dan menhindari beberapa sensasi visual.
□ Memilih kegelapan.
□ Ia sering mengkedip-kedipkan.
□ Menghindari matahari.
□ Lainnya.....................
5. BAU DAN RASA (SMELL AND TASTE)
● Anak saya kurang sensitif pada beberapa bau atau rasa dan mencari sensai tersebut.
□ Ia menjelajah sesuatu dengan menjilat atau mencium (membaunya).
□ Ia menyukai makanan yang banyak bumbunya. (sangat asin)
□ Lainnya.....................
● Anak saya terlalu sensitif pada beberapa bau atau rasa dan menhindari beberapa sensasi tersebut.
□ Ia menykai makanan yang telah dihaluskan (blander).
□ Ia sensitif pada bau tertentu (parfum).
□ Lainnya.....................
Catatan : diambil dari Fern Sussman, 1999. More than Words. Hanen Center Publication.
Diterjemahkan oleh Joko Yuwono. 22 April 2010
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
0 komentar:
Posting Komentar