Artikel
Berikut adalah artikel saya
Mengenai Saya
Pengikut
Rabu, 02 Juni 2010
HOLDING THERAPY BAGI ANAK AUTISTIK
Tingkat Kemampuan/Umur Intervensi :
• Disarankan anak usia sejak lahir hingga 10 bulan.
• Disarankan pada kelompok diagnosis dan berhubungan dengan karakteristik-karakteristik seperti : ASD tingkat sedang-menengah, Asperger syndrome dan disabilities lainnya.
• Disarankan pada level kemampuan kecerdasan rata-rata ke atas.
Diskripsi Intervensi
Secara umum sebagian dari kita telah mengetahui tentang holding therapy yang berhubungan dengan ASD. Holding Time telah dikembangkan oleh psikiatrik anak Marta Welch (1988). Pendekatan Welch didasarkan pada perkembangan terapi-terapi dan penelitian di Jerman pada tahun 1980-an (Stades-Veth, 1988)sebagaimana didiskripsikan dalam bukunya, Holding Time (1988). Hipotesis yang mendasarinya adalah bahwa anak-anak ASD dan gangguan yang berhubungan dengannya memiliki kesulitan dalam berhubungan dengan ibu mereka. Jadi, berdasarkan perpecahan hubungan tersebut, withdrawal merupakan bentuk dari defense mechanism. Holding therapy didasarkan pada ide bahwa kontak secara fisik dan emosional yang kuat melalui hubungan anak dan ibu (mother-child holding) akan memperbaiki ikatan yang rusak antara anak dengan ibu dan hal ini merupkan bentuk fondasi pada perkembangan yang normal.
Ada tiga bagian pada urutan dalam Holding Time : 1) confrontation, 2) rejection dan 3) resulotion. Selama tahap konfrontasi, posisi anak dan ibu berada pada posisi mereka sendiri dan juga mereka dengan mudah menciptakan kontak mata dan ”hold” antara mereka. Ibu dapat menuntut/meminta dengan tegas kontak mata dengan anak dan kadang-kadang menggunakan kekuatan secara fisik. Selanjutnya, ibu mulai menemukan dan menyatakan komunikasi tentang sesuatu perasaan. Hal ini mengarah pada penolakan anak, diketahui sebagai tahap rejection. Selama tahap ini, ibu melanjutkan hold pada anak tanpa masalah bagaimana anak melakukan perlawanan. Dengan maksud mengirimkan pesan bahwa tidak ada yang sesuatu yang datang antara kita – bukan kemarahan anda dan bukan kemarahan saya” (Welch, 1988a, p. 52). Tahap penolakan berlanjut hingga penghindaran perilaku yang memberikan jalan kedekatan secara fisisk dan verbal (resolution stage) dengan perkembangan yang kuat, kecintaan selama ikatan menjadi tujuan pokok.
Reported Benefits and Effects of Intervention
Welch (1988b) mengklaim bahwa bebarapa anak-anak ASD telah tertangani dengan penuh dari kesulitan dan mencapai perkembangan yang normal dan sebagian besar lainnya menunjukkan beberapa perkembangan secara kognitif, emosi dan spikologis setelah ditangani dengan versi holding therapy ibu dan anak. Ia melaporkan hasil yang sama pada anak-anak dengan oppositional defiant disorder, conduct disorder (gangguan perilaku), depression, developmental disorders dan gangguan perilaku lainnya. Bagaimanapun juga, klaim ini secara luas didasarkan pada anekdot studi kasus dengan sedikit atau tanpa penelitian lapangan yang mendukung hal tersebut.
Penulis N Setting Umur/Gender Diagnosis Hasil/Temuan Comments
Welch
(1988b) 10 Clinic atau rumah 3-13 th.
Lk atau Pr Autistik Semua subjek menunjukkan beberapa perkembangan tetapi satu parameter pada Behavior Rating Instrument for Autistic and Other Atypical Children (BRIAAC) Tidak ada kelompok kontrol
Perpaduan Bagaimana Hasil yang Berhubungan dengan Kegunaan pada Intervensi Individu ASD
Holding Therapy diciptakan untuk menangani individu dengan ganguan yang diduga disebabkan, setidaknya dalam bagian kegagalan untuk mengembangkan ikatan yang cukup dengan pengasuh utama. Welch meyakini bahwa bagi bebarapa individu ASD menyebabkan gangguan mereka dan untuk itu merekomendasikan holding therapy bagi populasi ini.
Kualifikasi Individu yang Menerapkan Intervensi dan Bagaimana, Dimana dan Kapan Holding Therapy Dilakukan.
Holding therapy dilakukan oleh ibu dengan dukungan dari bapak atau anggota keluarga lainnya dibawah supervisi dan difasilitasi dengan training terapis di United States : New York City; Greenwich, Connecticut; dan Chautauqua. Holding therapy dapat dilakukan dalam waktu dan lokasi yang tepat setelah dilakukan pelatihan secara lengkap.
Resiko-Resiko yang Mungkin Dalam Intervensi
Beberapa intervensi melibatkan kekuatan secara fisik dan psikologis yang besar. Beberapa kritik pada Holding Therapy menjadikan beberapa argumen-argumen perlawanan. Argumentasi tersebut termasuk 1) disturbingly (menggelisahkan atau mengganggu), anak-anak yang berpengalaman dengan holding therapy mungkin belajar untuk berpura-pura berperilaku akrab. 2) Kekuatan hubungan mungkin berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan secara ekstrem ketika dilakukan pada anak-anak yang memiliki tactile defensiveness (tidak nyaman dengan sentuhan-sentuhan), hipersensitivity dan kesulitan dalam membuat/mempertahankan kontak mata. 3) Kekuatan holding thearpy terletak pada tangan orang dewasa bahwa anak-anak mencintai dan percaya yang munkin secara psikologis merusak daripada keuntungan. 4) Orang tua yang menggunakan holding therapy mungkin memiliki harapan yang tidak realistik bahwa anak mereka dapat disembuhkan dari autistik atau gangguan lainnya dimana mungkin sangat efektif mempengaruhi pada keluarga jika usaha mereka terbukti menjadi sia-sia.
Metode Evaluasi yang Tepat Untuk Intervensi Individu ASD
Beberapa filosofi atau metode penanganan harus didasarkan pada kebutuhan anak secara individual dan metode harus dimonitor untuk menetapakn kemanjuran intervensi. Sampai saat ini, holding therapy belum dilakukan evaluasi secara keilmuan secara sungguh-sungguh.
Kesimpulan
Holding therapy atau holding time merupakan terapi yang didesain untuk mengembangkan keberfungsian individu-individu ASD dan gangguan lain yang berhubungan dengan memulihkan dan menguatkan ikatan antara anak dan ibunya atau pengasuh. Bagaimanapun, hipotesis bahwa autism spectrum disosoders diakibatkan oleh pudarnya tali ikatan ibu dan anak yang belum didukung oleh bukti secara empirik. Mengingat fakta bahwa sedikit studi pengetahuan yang dilakukan untuk mendukung bukti secara empirik bagi keefektifan holding therapy therapy dan secara potensial resiko-resiko secara serius intervensi ini. Holding therapy belum direkomendasikan bagi individu-individu ASD.
• Disarankan anak usia sejak lahir hingga 10 bulan.
• Disarankan pada kelompok diagnosis dan berhubungan dengan karakteristik-karakteristik seperti : ASD tingkat sedang-menengah, Asperger syndrome dan disabilities lainnya.
• Disarankan pada level kemampuan kecerdasan rata-rata ke atas.
Diskripsi Intervensi
Secara umum sebagian dari kita telah mengetahui tentang holding therapy yang berhubungan dengan ASD. Holding Time telah dikembangkan oleh psikiatrik anak Marta Welch (1988). Pendekatan Welch didasarkan pada perkembangan terapi-terapi dan penelitian di Jerman pada tahun 1980-an (Stades-Veth, 1988)sebagaimana didiskripsikan dalam bukunya, Holding Time (1988). Hipotesis yang mendasarinya adalah bahwa anak-anak ASD dan gangguan yang berhubungan dengannya memiliki kesulitan dalam berhubungan dengan ibu mereka. Jadi, berdasarkan perpecahan hubungan tersebut, withdrawal merupakan bentuk dari defense mechanism. Holding therapy didasarkan pada ide bahwa kontak secara fisik dan emosional yang kuat melalui hubungan anak dan ibu (mother-child holding) akan memperbaiki ikatan yang rusak antara anak dengan ibu dan hal ini merupkan bentuk fondasi pada perkembangan yang normal.
Ada tiga bagian pada urutan dalam Holding Time : 1) confrontation, 2) rejection dan 3) resulotion. Selama tahap konfrontasi, posisi anak dan ibu berada pada posisi mereka sendiri dan juga mereka dengan mudah menciptakan kontak mata dan ”hold” antara mereka. Ibu dapat menuntut/meminta dengan tegas kontak mata dengan anak dan kadang-kadang menggunakan kekuatan secara fisik. Selanjutnya, ibu mulai menemukan dan menyatakan komunikasi tentang sesuatu perasaan. Hal ini mengarah pada penolakan anak, diketahui sebagai tahap rejection. Selama tahap ini, ibu melanjutkan hold pada anak tanpa masalah bagaimana anak melakukan perlawanan. Dengan maksud mengirimkan pesan bahwa tidak ada yang sesuatu yang datang antara kita – bukan kemarahan anda dan bukan kemarahan saya” (Welch, 1988a, p. 52). Tahap penolakan berlanjut hingga penghindaran perilaku yang memberikan jalan kedekatan secara fisisk dan verbal (resolution stage) dengan perkembangan yang kuat, kecintaan selama ikatan menjadi tujuan pokok.
Reported Benefits and Effects of Intervention
Welch (1988b) mengklaim bahwa bebarapa anak-anak ASD telah tertangani dengan penuh dari kesulitan dan mencapai perkembangan yang normal dan sebagian besar lainnya menunjukkan beberapa perkembangan secara kognitif, emosi dan spikologis setelah ditangani dengan versi holding therapy ibu dan anak. Ia melaporkan hasil yang sama pada anak-anak dengan oppositional defiant disorder, conduct disorder (gangguan perilaku), depression, developmental disorders dan gangguan perilaku lainnya. Bagaimanapun juga, klaim ini secara luas didasarkan pada anekdot studi kasus dengan sedikit atau tanpa penelitian lapangan yang mendukung hal tersebut.
Penulis N Setting Umur/Gender Diagnosis Hasil/Temuan Comments
Welch
(1988b) 10 Clinic atau rumah 3-13 th.
Lk atau Pr Autistik Semua subjek menunjukkan beberapa perkembangan tetapi satu parameter pada Behavior Rating Instrument for Autistic and Other Atypical Children (BRIAAC) Tidak ada kelompok kontrol
Perpaduan Bagaimana Hasil yang Berhubungan dengan Kegunaan pada Intervensi Individu ASD
Holding Therapy diciptakan untuk menangani individu dengan ganguan yang diduga disebabkan, setidaknya dalam bagian kegagalan untuk mengembangkan ikatan yang cukup dengan pengasuh utama. Welch meyakini bahwa bagi bebarapa individu ASD menyebabkan gangguan mereka dan untuk itu merekomendasikan holding therapy bagi populasi ini.
Kualifikasi Individu yang Menerapkan Intervensi dan Bagaimana, Dimana dan Kapan Holding Therapy Dilakukan.
Holding therapy dilakukan oleh ibu dengan dukungan dari bapak atau anggota keluarga lainnya dibawah supervisi dan difasilitasi dengan training terapis di United States : New York City; Greenwich, Connecticut; dan Chautauqua. Holding therapy dapat dilakukan dalam waktu dan lokasi yang tepat setelah dilakukan pelatihan secara lengkap.
Resiko-Resiko yang Mungkin Dalam Intervensi
Beberapa intervensi melibatkan kekuatan secara fisik dan psikologis yang besar. Beberapa kritik pada Holding Therapy menjadikan beberapa argumen-argumen perlawanan. Argumentasi tersebut termasuk 1) disturbingly (menggelisahkan atau mengganggu), anak-anak yang berpengalaman dengan holding therapy mungkin belajar untuk berpura-pura berperilaku akrab. 2) Kekuatan hubungan mungkin berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan secara ekstrem ketika dilakukan pada anak-anak yang memiliki tactile defensiveness (tidak nyaman dengan sentuhan-sentuhan), hipersensitivity dan kesulitan dalam membuat/mempertahankan kontak mata. 3) Kekuatan holding thearpy terletak pada tangan orang dewasa bahwa anak-anak mencintai dan percaya yang munkin secara psikologis merusak daripada keuntungan. 4) Orang tua yang menggunakan holding therapy mungkin memiliki harapan yang tidak realistik bahwa anak mereka dapat disembuhkan dari autistik atau gangguan lainnya dimana mungkin sangat efektif mempengaruhi pada keluarga jika usaha mereka terbukti menjadi sia-sia.
Metode Evaluasi yang Tepat Untuk Intervensi Individu ASD
Beberapa filosofi atau metode penanganan harus didasarkan pada kebutuhan anak secara individual dan metode harus dimonitor untuk menetapakn kemanjuran intervensi. Sampai saat ini, holding therapy belum dilakukan evaluasi secara keilmuan secara sungguh-sungguh.
Kesimpulan
Holding therapy atau holding time merupakan terapi yang didesain untuk mengembangkan keberfungsian individu-individu ASD dan gangguan lain yang berhubungan dengan memulihkan dan menguatkan ikatan antara anak dan ibunya atau pengasuh. Bagaimanapun, hipotesis bahwa autism spectrum disosoders diakibatkan oleh pudarnya tali ikatan ibu dan anak yang belum didukung oleh bukti secara empirik. Mengingat fakta bahwa sedikit studi pengetahuan yang dilakukan untuk mendukung bukti secara empirik bagi keefektifan holding therapy therapy dan secara potensial resiko-resiko secara serius intervensi ini. Holding therapy belum direkomendasikan bagi individu-individu ASD.
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
0 komentar:
Posting Komentar